Brosur Sekolah Alam

Brosur Sekolah Alam

Konsep Pendidikan Sekolah Alam




“Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang berguna bagi manusia, dan apa-apa yang diturunkan Alloh dari langit berupa air (hujan) maka Dia menghidupkan dengan air itu bumi yang tadinya mati (kering), dan Dia sebarkan di bumi itu semua hewan, dan dari peralihan angin, dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, sesungguhnya itu adalah tanda-tanda (kebesaran Alloh) bagi kaum yang berfikir". (QS. Al Baqarah(2): 164).

Sekolah Al-Amien Bojonggede (SAB) adalah sekolah dengan konsep pendidikan berbasis alam, yang menekankan proses pembelajaraan secara langsung dari alam yang ada pada lingkungan kita yang sangat kaya.




Dalam konsep Sekolah Al-Amien Bojonggede, fungsi alam antara lain :

1. Alam sebagai Ruang Belajar

SAB merancang proses pembelajaran interaktif yang tidak dibatasi oleh sekat-sekat diding kelas dan pagar sekolah. Di SAB, anak-anak tidak hanya belajar di kelas, mereka belajar dimana saja dan pada siapa saja.

2. Alam sebagai Media dan Bahan Ajar

Alam yang sangat kaya menyediakan berbagai jenis benda yang bisa digunakan sebagai media dan bahan ajar yang diperlukan untuk mendukung efektivitas program pembelajaran. Media dan bahan ajar buatan digunakan dengan mengacu pada prinsip : reduce-reuse-recycle

3. Alam sebagai Objek Pembelajaran

Proses pembelajaran melalui pengamatan dan ujicoba terhadap gejala-gejala alam mengasah daya kritis dan kepekaan anak yang membawa mereka pada kesadaran akan keMahaKuasaan Allah SWT, Rabb Semesta Alam.

PELAJARAN DARI ALAM

Banyak hal yang akan diperoleh anak bila kerap bersentuhan langsung dengan alam, diantaranya :
Belajar fenomena langsung dan nyata
Penghargaan terhadap alam
Belajar informasi yang saling terkait dan sebab-akibat
Menjadi anak tangguh
Memperkuat daya tahan fisik
Berempati dan bergaul dengan golongan masyarakat lain
Melampiaskan stress dengan cara positif
Menjadi anak kreatif
Sabar, tekun dan bersyukur
Bekerja sama

No comments:

Post a Comment